Mau Presentasi Lebih Hidup? Begini Cara Gampang Sisipin Video di PowerPoint!

Belajar Powerpoint | Presentasi yang menarik tidak hanya bergantung pada desain slide yang keren, tapi juga pada cara kita menyampaikan informasi. Salah satu trik ampuh untuk menghidupkan presentasi adalah dengan menambahkan video. Nah, kalau kamu mau presentasimu lebih hidup dan interaktif, begini cara gampang sisipin video di PowerPoint! Dalam beberapa langkah mudah, kamu bisa membuat slide yang ngak cuma informatif, tapi juga bikin audiensmu lebih engaged.   

Manfaat Video dalam Presentasi

Manfaat Video

 Penambahan video di dalam presentasi akan memberikan beberapa manfaat bagi presentasi anda yakni :

  • Meningkatkan Keterlibatan Audiens: Video mampu menarik perhatian audiens serta memuat presentasi lebih dinamis, sehingga audiens lebih tertarik mengikuti materi.
  • Informasi Diberikan Dengan Efektif: Video dapat menjelaskan konsep yang lebih mudah khususnya pada informasi visual ataupun instruksi.
  • Membuat Presentasi Lebih Interaktif: Penggunaan video menambah variasi dalam penyampian materi. Sehingga presentasi tidak terasa monoton dan lebih interaktif.
  • Menghemat Waktu: Video yang tepat dalam merangkum informasi Panjang ke dalam waktu yang lebih singkat, sehingga kalian dapat lebih fokus pada poin-poin penting lainnya

Bagaimana Cara Menyisipkan Video di PowerPoint

1. Buka slide yang akan ditambahkan video.

Step 1

2. Klik Tab Insert dan pilih Video. 

Step 2

3. Pilih sumber video (Komputer, Online, atau Youtube)

Step 3

4. Atur Ukuran dan Posisi Video

5. Atur opsi pemutaran video

Step 4

Tips Agar Video Anda Lebih Efektif

  • Gunakan video yang tepat sesuai dengan topik pembahasan. Video yang akan kalian sisipkan harus sesuai dengan pesan atau topik yang mendukung penjelasan presentasi kalian. Video yang tidak sesuai justru akan mengganggu presentasi kalian.
  • Perhatikan waktu yang tepat dalam menampilkan video. Timing penampilan video yang tepat sangat mempengaruhi presentasi kalian. Video kalian dapat ditampilkan dalam beberapa kondisi seperti pada awal dan akhir slide, saat ingin menjelaskan konsep yang kompleks dan panjang, ataupun sebelum menjelaskan poin-poin penting.
  • Menggunakan transisi yang halus sebelum dan sesudah video. Saat kalian menambahkan sebuah video ke dalam presentasi, kalian bisa tambahkan transisi diawal dan diakhir agar dapat tampil dengan baik. Transisi ini akan memastikan alur presentasi kalian tetap lancer meskipun terdapat video di dalamnya.

Menambahkan video ke dalam presentasi PowerPoint adalah cara yang sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan daya tarik visual dan keterlibatan audiens. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda bisa membuat presentasi lebih dinamis dan interaktif, tanpa perlu menjadi ahli teknologi.

Demikian untuk postingan kali ini mengenai Mau Presentasi Lebih Hidup? Begini Cara Gampang Sisipin Video di PowerPoint!. Sekian dari saya, semoga ilmu yang saya berikan ini bermanfaat untuk teman - teman sekalian and Always Be Creative.

 

Posting Komentar

0 Komentar