Dasar-Dasar PowerPoint | Review Tab


Belajar Powerpoint | Tahukan kamu dalam PowerPoint terdapat satu tab yang sangat jarang digunakan dalam membuat presentasi? Tab Review merupakan tab sangat jarang digunakan karena fitur-fitur yang ada di dalamnya sering dianggap tidak membantu dalam proses pembuatan presentasi. Namun apakah hal tersebut benar atau tidak? Yuks kita bahas.

Apa itu Tab Review?


Tab Review merupakan tab yang berisi perintah-perintah yang berfokus pada pemeriksaan, editing, dan kolaborasi presentasi. Perintah yang ada di Tab Review bertujuan untuk memastikan presentasi yang dibuat bebas dari kesalahan penulisan dan sesuai dengan standar yang diingikan. Selain itu, Tab Review memungkinkan kamu untuk memastikan aksessibilitas dari presentasi kamu sehingga dapat diakses dengan mudah bagi semua orang termasuk dengan mereka yang memiliki disabilitas. Singkatnya Tab Review merupakan Tab yang digunakan untuk finalisasi presentasi kamu setelah proses editing.

Fitur apa saja yang ada di Tab Review? 

Proofing

Proofing

Proofing merupakan grup perintah Tab Review yang bertujuan untuk mengecek ejaan ataupun diksi kata yang digunakan dalam teks presentasi. Terdapat dua perintah dalam grup ini yakni Spelling dan Thesaurus.

Spelling merupakan perintah untuk mengecek ejaan kata-kata yang digunakan dalam presentasi. Perintah ini memungkinkan pengguna untuk mengecek apakah ada typo dalam teks presentasi.

Spelling

Thesaurus merupakan perintah untuk mengecek sinonim dari kata yang digunakan dalam presentasi. Perintah ini akan memberikan daftar kata-kata sinonim dari kata sehingga memungkinkan pengguna untuk menggunakan kata yang lebih baik.

Thesaurus

Language

Language

Language merupakan grup fitur yang bertujuan untuk mengatur bahasa dalam presentasi kamu. Dengan fitur ini kamu bisa mengatur bahasa yang digunakan untuk fitur Proofing menyesuaikan bahasa yang digunakan dalam presentasi kamu. Selain itu, terdapat fitu Translate yang memungkinkan kamu untuk menerjemahkan kata/kalimat yang ada di presentasi kamu. 

Translator Pane

Accessibility

Accessibility

Accessibility merupakan grup perintah Tab Review yang bertujuan untuk membantu membuat presentasi kamu dapat diakses oleh semua orang, termasuk bagi mereka yang memiliki disabilitas. Terdapat tiga perintah utama dalam grup ini yakni Check Accessibility, Alt Text, dan Reading Order Pane.

Check Accessibility merupakan perintah untuk memeriksa dan mengecek aksesibilitas dari presentasi kamu. Saat kamu menggunakan perintah ini maka akan memunculkan Tab Accessibility yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengecekan atau penambahan atribut pada presentasi kamu.

TabAccessibility

Fitur ini akan menampilkan error yang terkait dengan aksesibilitas presentasi kamu, sebagai contoh untuk elemen-elemen yang tidak memiliki deskripsi mengenai elemen tersebut ataupun slide yang tidak memiliki judul.

Accessibility Pane

Alt Text merupakan perintah untuk menambahkan deskripsi mengenai objek atau elemen yang digunakan dalam slide kamu. Penambahan deskripsi ini akan membantu kamu dalam mengorganisir elemen yang digunakan serta akan memberikan kemudahan bagi orang lain dalam mengetahui peran atau fungsi elemen tersebut dalam slide.

Alt Text Pane

Reading Order Pane merupakan perintah untuk mengatur susunan pembacaan elemen slide kamu. Fitur ini hampir sama dengan fitur Selection Pane namun Reading Order Pane memberikan informasi tambahan berupa deskripsi dari elemen yang digunakan.

Reading Order Pane

Selain itu, susunan elemen yang ada di Reading Order juga berpengaruh terhadap susunan tumpang tindih elemen tersebut. Urutan susunan ini berkebalikan dengan urutan yang ada di Selection Pane. 

Comments

Comments

Comments merupakan grup perintah untuk menambahkan komentar pada slide kamu. Terkadang saat kamu mengerjakan presentasi bersama orang lain, kamu ingin menambahkan catatan ataupun komentar di dalam slide namun akan terlihat berantakan jika menggunakan Tetxt Box. Fitur Comment menjadi salah satu cara untuk meninggalkan catatan di dalam presentasi kamu tanpa harus menambahkan objek baru di dalam slide. 

Comments Pane

Compare

Compare

Compare merupakan grup perintah untuk membandingkan dan menambahkan dua atau lebih file presentasi ke dalam presentasi kamu. Terdapat fitur Revision yang memungkinkan kamu untuk membandingkan isi presentasi dan menerapkannya ke dalam presentasi kamu. Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan slide presentasi lain ke dalam presenstasi kamu menggunakan fitur ini. 

Revision

Demikian untuk postingan kali ini mengenai Dasar-Dasar PowerPoint | Review Tab. Sekian dari saya, semoga ilmu yang saya berikan ini bermanfaat untuk teman - teman sekalian and Always Be Creative.

Posting Komentar

0 Komentar